Thursday, October 9, 2014

it's been a month

it's been a month and i realize that we're miles apart.

udah enggak terlalu sedih. tapi tiap cek ke dokter anti & papasan sama ibu hamil, rasanya masih cekit-cekit. dikit.

menengok ke belakang, it was my easy pregnancy. kenapa? karena aku gak ngalamin yang namanya morning sick. awalnya cuma telat 2 minggu, itu biasa aja buat aku. karena emang siklus bulananku enggak teratur. lebih sering mundurnya ketimbang majunya. jadi pas tahu telat ya biasa aja.

pas itu lebaran kalo gak salah. karena sibuk berkunjung ke sana - sini jadi ya enggak terlalu rasain. cuma emang jadi lebih gampang capek dan pengen pipis mulu. mulai deh abis itu badan rasanya greges-greges, pusing, kembung. tapi masih gak ngeh kalo hamil. sampe akhirnya tanggal 7 agustus pagi, iseng cek pake testpack.

double line.

karena masih enggak yakin, hari sabtunya cek lagi pake testpack dan dilanjut periksa ke spog. berhubung newbie, masih buat spog yang oke di rspb. jadi yaa sedapetnya aja, ketemu sama dokter sri lestari. dikasih nasehat layaknya perempuan hamil muda pada umumnya dan resmi dinyatakan hamil 4 minggu. yeaayy!

semua normal, lancar, baik-baik saja. gak ngidam. makanku juga biasa, eh gak suka nasi sih. tapi sayur doyan banget, terutama brokoli. minum susu juga tiap hari plus folavit. sampai akhirnya tanggal 1 september siang, ada flek. agak panik, tapi tetep berusaha setenang mungkin. sembari browsing, aku putuskan untuk cek ke dokter hari itu juga. karena di rspb harus daftar h-1, maka kali ini kembali berlaku: sedapetnya dokter aja.

akhirnya ketemu dokter bambang fajar. diagnosa awal, ini implantasi dan normal. proses penempelan embrio ke dinding rahim yang emang ngerobek beberapa pembuluh darah. dikasih surat bed rest, obat, & kontrol hari sabtunya. dari tanggal 1 - 6 itu lama banget rasanya, karena aku masih aja flek. enggak banyak, tapi warnanya merah segar. 

sempet ngobrol sama dokter bharoto juga, kehamilan itu beda-beda. flek itu normal, karena 30% perempuan hamil mengalaminya. jadi harus tenang dan gak perlu ada yang dikhawatirkan.

hari sabtu cek ke dokter, kali ini ke dokter anti. usg transvaginal, janinku kecil banget. gak sesuai sama usianya yang 7 minggu. tapi dokter anti bilang bahwa ada 2 kemungkinan:
  • salah perhitungan usia kehamilan. mengingat siklus menstruasiku gak teratur, sudah pasti masa suburnya juga bergeser.. +/- 2 minggu biasanya.
  • tanda bahwa ini blighted ovum
sepulang dari rspb rasanya udah gak karuan, tapi tetep berusaha untuk mikir positif dan tenang. flek masih ada, kadang coklat tapi lebih sering merah. hari minggu masih bisa ke gereja, biarpun lebih banyak duduk. sepanjang misa, gak bisa nahan air mata. sedih mulu bawaannya.

hari senin kembali masuk kerja, masih flek. jadi lebih anteng duduk. hari itu lebih happy dari kemarin-kemarin.. aku memutuskan untuk berharap segala yang terbaik. apapun itu. pulang kerja langsung mandi dan entah kenapa kok ngantukk banget. tidur lebih cepet, sampe gak ngeh suami pulang.

tanggal 9 september dini hari, sekitar 01.30, aku kebangun. rasanya antara pengen pup dan pipis, sekalian deh bangunin suami. perut agak nyeri.. balik dari kamar mandi makin nyeri. trus ilang nyerinya.. waktu pipis kedengeran suara "pyukkk.."

darah.

abis itu udah gak bisa mikir lagi. gelombang nyeri dateng lagi dengan sakit yang makin meningkat. mungkin itu yang dinamakan kontraksi. buru-buru ke rspb, masuk ugd sekitar jam 2.30. kontraksi terus dateng - ilang, dateng - ilang, begitu seterusnya. jam 3.30 janinku keluar lengkap dengan plasentanya.

jantung rasanya udah gak detak lagi. darah juga kayaknya gak ngalir. perawat bilang, kalo ini namanya keguguran spontan. karena udah keluar semua.. yang masih sisa di rahim cuma darah aja.

i lost my #babycosmos.

dokter anti dateng, cek lewat usg.. udah bersih, rahimku kosong. cuma tinggal genangan darah dikit. bisa dikeluarin pakai obat, jadi enggak perlu dikuret.

jam 12 setelah infus habis, pulang ke rumah. limbung, hati pedih dan perut rasanya bolong dalem banget. #babycosmos kami bawa pulang, gimana juga dia bagian dari diri kami.

tentu saja sampai rumah dan kasih kabar ke orang tua, tangisan makin menjadi. terlebih saat itu sendirian di rumah, karena suami harus ke kantor untuk selesaikan deadline. tapi itu tidak berlangsung lama. karena dihibur teman-teman yang sangat perhatian dan pengertian meski lewat whatsapp.. you know who you are, terima kasih ya :* :*

sampai hari ini, aku masih merinding tiap ke rspb. masih kerasa jarum infus masuk ke tangan. masih inget rasanya kerasa perut kayak kembung karena ada #babycosmos. dia akan selalu ada di rumah ini, dan tentu saja di hati kami.

we love you sayang.
:*

1 comment :

  1. ana, aku ikut sedih..
    turut berduka ya.. semoga baby cosmos bahagia di sana.
    dan semoga lekas diberi momongan lagi. :)

    ReplyDelete